Jumat, 12 Februari 2010

Kura-Kura Galapagos


Kura-kura Galapaos (Geochelone Elephantopus) ditemukan di kepualuan Galapagos, di wilayah Ekuador. Binatang ini merupakan kura-kura raksasa dan terbesar di antara jenis kura-kura lain. Dulu terdapat 14 jenis kura-kura galapagos,tetapi sekarang hanya tinggal 11 jenis saja.
Seekor kura-kura Galapagos bisa mencapai berat 225 kg., dengan panjang 1,8 meter. Kura-kura ini hidup memakan rumput-rumputan dan buah-buahan.
Kura-kura Galapagos bisa bertahan hidup dengan posisi terbalik dan tanpa makanan hingga berminggu-minggu. Kura-kura galapagos tidak pernah tergesa-gesa dalam hidupnya, bahkan cenderung lambat. Binatang ini baru bangun di jam 7-8 pagi dan sudah beristirahat sebelum matahari terbenam atau sekitar jam 5 sore. Selama beberapa jam itu ia memakan rumput-rumputan dan tunas-tunas di sekitarnya.
Fakta Menarik: Harriet, kura-kura galapagos betina yang dulu hidup di kebun binatang Australia, tercatat sebagai kura-kura Galapagos tertua. Binatang ini mati pada tahun 2006, di usia 176 tahun.
Selama abad 18-19, kura-kura galapagos banyak diburu oleh manusia untuk dijadikan makanan pokok. Pertama kali ditemukan, terdapat sekurangnya 250.000 ekor kura-kura di kepulauan Galapagos, kini jumlah itu kemungkinan tinggal 15.000 ekor saja.

2 komentar: